KELAS/SEMESTER : XI/ 1.
PERTEMUAN
KE : 2( dua)
ALOKASI
WAKTU : 1 x 40 Menit
STANDAR
KOMPETENSI :
1. Memahami
larangan
riba
KOMPETENSI
DASAR :
1.
Menjelaskan
pengertian riba.
INDIKATOR :
- dapat menerangkan pengertian riba
-
dapat menjelaskan hukum riba dalam dalil
-
dapat memahami hikmah larangan riba
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
·
Agar
mengetahui pengertian riba dan hukum
riba
·
Agar
dapat memahami hikmah dari larangan riba
II.
MATERI AJAR : 1. riba
III. METODE
PEMBELAJARAN : 1. Tanya awab
2.
ceramah
3.
diskusi
IV. LANGKAH2 PEMBELAJARAN :
A. Langkah Awal
1. Guru member salam dan berdoa
2. Guru mengabsen siswa dkelas
B. Langkah Inti
1. Guru bertanya kepada siswa mengenai pengertian
riba
2. Menjelaskan pengertian riba
3. Menjelaskan hukum dan larangan riba
4. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir :
1. Melaksanakan post test
2. Pemberian tugas kelompok
V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR : Buku fiqh
Buku
Penunjang dari lainnya,
VI. STRATEGI BELAJAR :
1. Menggunakan strategi pembelajaran kooperatif
2. strategi pembelajran kontekstual
VII. PENILAIAN : Bentuk Tes :
Tertulis, Tes Lisan, dan
Lembar kerja
Mengetahui, Membuat
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(…………………….) (..............................)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN : fiqh
KELAS/SEMESTER : X/1.
PERTEMUAN
KE : 3 (Ketiga )
ALOKASI
WAKTU : 2 x 40 Menit
STANDAR
KOMPETENSI :
1. Pelaksanaan sholat sunnat
KOMPETENSI
DASAR :
1. Menjelaskan tata cara sholat sunnat
INDIKATOR :
1. dapat menjelaskan hukum sholat sunat
2. dapat mengetahui macam-macam sholat sunnat
3. dapat mengamalkan sholat sunnat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Agar mengetahui tentang sholat sunat
2. Agar dapat mengamalkan sholat sunnat
B. MATERI AJAR :
1. Pelaksaaan sholat sunnat
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Tanya Jawab
2. Ceramah Bervariasi dan diskusi
3. Tugas individu
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
·
Langkah
Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
·
Langkah
Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting yang dijelaskan guru
2. Menanyakan hal – hal yang kurang dipahami
3. Guru bertanya kepada siswa
4. Tanya jawab guru dan atau kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
·
Kegiatan
Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Pemberian tugas
E. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
1. Kitab fiqh
2. Buku Penunjang dari lainnya,
3. Al-Quran
F.
STRATEGI BELAJAR
1.
Strategi pembelajaran heurristik
G. PENILAIAN :
1. Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
2. praktek
H. BENTUK SOAL : Esay
Mengetahui, Membuat
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(…………………….) (Imam Hanafi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar