Sabtu, 26 Desember 2015

RPP SMP PAI


RPP

Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
:
VI1 / I
Pertemuan Ke
:
1 (Satu) dan 2 (Dua)
Waktu
:
2 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Menerapkan hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamaryah
Kompetensi Dasar
:
- Menjelaskan hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamaryah
- Membedakan hukum "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamaryah
- Menerapkan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamaryah dalam bacaan surat-surat Al-Qur'an dengan benar
Indikator
:
-  Menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamaryah
-  Memperaktekkan bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamaryah

Materi Ajar (Materi Pokok)
:
Hukum Bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamaryah
Metode Pembelajaran
:
- Ceramah dan tanya jawab
- Peraktek


Tujuan Pembelajaran
:
Mampu menerapkan hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "A'" Qamariyah dengan benar
Langkah-langkah

a.     Kegiatan Awal
-        Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-        Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-        Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-        Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.     Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
(i)  Eksplorasi
-       Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamaryah, guru melakukan tanya jawab tentang hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah.
-       Guru meminta siswa untuk membuka Al Qur’an.

(ii)   Konsolidasi Pembelajaran
-        Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca surat-surat tertentu untuk menunjukkan bacaan "Al" Qamariyah dan "Al" Syamsiyah  dengan benar, kemudian diikuti oleh teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-        Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk siswa untuk membaca potongan-potongan dari surat Al Qur'an serta menunjukkan hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah.
-        Selanjutnya siswa membaca ayat-ayat Al Qur'an yang mengandung hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah. Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah kepada siswa.
Jika sudah selesai membaca dan menunjukkan hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah, maka siswa diminta menyalin beberapa ayat Al Qur'an yang mengandung hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah dengan teliti, hati-hati dan benar. Kegiatan tersebut dilakukan dengan berulang-ulang agar para siswa mampu menyalin huruf-huruf Al Qur’an tersebut dengan baik. 
(iii)               Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan menunjukkan hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah  dari beberapa ayat Al Qur’an, secara tidak langsung menuntut adanya kecermatan dan ketelitian.  Dengan demikian diharapkan setelah mempelajari materi ini siswa menjadi lebih teliti dan cermat dalam segala hal.
c.     Kegiatan Akhir (Penutup)
-        Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca ayat-ayat Al Qur'an yang mengandung hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah sebagai penutup materi pembelajaran.
-        Guru meminta para siswa rajin mempelajari dan mengamati hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah yang terdapat dalam ayat-ayat Al Qur'an.
-        Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-        Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Penilaian
:
Tes Tertulis
- Pemahaman hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah
Tes Perbuatan
- Membaca ayat-ayat Al Qur'an yang mengandung hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah

Bahan/Sumber Belajar 
:
-        Al Qur’an dan terjemahannya
-         Buku pelajaran PAI  SMP kelas VII


LEMBAR PENILAIAN
I. Tes Tertulis                                    Nilai = .............
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban

Apa yang dimaksud dengan  "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah?
"Al" Syamsiyah adalah "Al" yang terdapat dalam kata dari ayat-ayat Al Qur'an yang tidak dibaca.
"Al" Qamariyah adalah "Al" yang terdapat dalam kata dari ayat-ayat Al Qur'an yang dibaca dengan jelas.



Tulislah contoh kata-kata dari ayat Al Qur'an yang mengandung bacaan   "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah?
Contoh bacaan "Al" Syamsiyah:



Contoh bacaan "Al" Qamariyah:






II. Tes Perbuatan: Melafalkan bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah
No.
Nama Siswa
Kemampuan Membaca
1
2
3
4
5
1.      






2.      






3.      






4.      






5.      






dst







Keterangan :                                       Skor Tes Perbuatan :
1.    = Membaca lancar dan baik                                       = 80 – 90 = A
2.    = Membaca lancar kurang baik                                  = 70 – 79 = B
3.    = Membaca Terbata-bata                                           = 60 – 69 = C
4.    = Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru            = 50 – 59 = D
5.    = Tidak dapat membaca                                           = kurang dari 50 = E

III. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-          apa yang dilihat;
-          laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-          laporan dari orangtua murid atau siswa






LEMBAR TUGAS

 


 

Susunlah beberapa ayat Al Qur'an yang mengandung hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qomariyah dengan benar di atas kertas yang telah disediakan. Kemudian kumpulkan untuk dinilai kebenaranya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar