|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Pendidikan
Agama Islam
|
Kelas/Semester
|
:
|
VI1
/ I
|
Pertemuan
Ke
|
:
|
1
(Satu) dan 2 (Dua)
|
Waktu
|
:
|
2 x 45 menit
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Menerapkan
hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamaryah
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
-
Menjelaskan hukum bacaan "Al"
Syamsiyah dan "Al" Qamaryah
- Membedakan hukum "Al" Syamsiyah dan
"Al" Qamaryah
- Menerapkan "Al" Syamsiyah dan
"Al" Qamaryah dalam bacaan surat-surat Al-Qur'an dengan benar
|
Indikator
|
:
|
- Menjelaskan pengertian "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamaryah
- Memperaktekkan bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamaryah
|
Materi
Ajar (Materi Pokok)
|
:
|
Hukum
Bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamaryah
|
Metode
Pembelajaran
|
:
|
-
Ceramah dan tanya jawab
-
Peraktek
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
Mampu
menerapkan hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "A'" Qamariyah
dengan benar
|
Langkah-langkah
|
|
a.
Kegiatan
Awal
-
Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian
berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-
Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
-
Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan
diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b.
Kegiatan
Inti
Dalam
kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
(i) Eksplorasi
-
Untuk
mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamaryah,
guru melakukan tanya jawab tentang hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan
"Al" Qamariyah.
-
Guru meminta siswa untuk membuka Al Qur’an.
(ii)
Konsolidasi Pembelajaran
-
Guru
menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca surat-surat tertentu untuk
menunjukkan bacaan "Al" Qamariyah dan "Al" Syamsiyah dengan benar, kemudian diikuti oleh
teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-
Setelah
para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk siswa untuk membaca
potongan-potongan dari surat
Al Qur'an serta menunjukkan hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan
"Al" Qamariyah.
-
Selanjutnya
siswa membaca ayat-ayat Al Qur'an yang mengandung hukum bacaan "Al"
Syamsiyah dan "Al" Qamariyah. Selanjutnya, guru mengajukan beberapa
pertanyaan tentang hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al"
Qamariyah kepada siswa.
Jika
sudah selesai membaca dan menunjukkan hukum bacaan "Al" Syamsiyah
dan "Al" Qamariyah, maka siswa diminta menyalin beberapa ayat Al
Qur'an yang mengandung hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan
"Al" Qamariyah dengan teliti, hati-hati dan benar. Kegiatan
tersebut dilakukan dengan berulang-ulang agar para siswa mampu menyalin
huruf-huruf Al Qur’an tersebut dengan baik.
(iii)
Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan
menunjukkan hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al"
Qamariyah dari beberapa ayat Al
Qur’an, secara tidak langsung menuntut adanya kecermatan dan ketelitian. Dengan demikian diharapkan setelah
mempelajari materi ini siswa menjadi lebih teliti dan cermat dalam segala
hal.
c.
Kegiatan
Akhir (Penutup)
-
Guru
meminta agar para siswa sekali lagi membaca ayat-ayat Al Qur'an yang
mengandung hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah
sebagai penutup materi pembelajaran.
-
Guru meminta para siswa rajin mempelajari dan mengamati
hukum bacaan "Al" Syamsiyah dan
"Al" Qamariyah yang terdapat dalam ayat-ayat Al Qur'an.
-
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-
Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar
kelas dan siswa menjawab salam.
|
Penilaian
|
:
|
Tes Tertulis
-
Pemahaman hukum bacaan "Al"
Syamsiyah dan "Al" Qamariyah
Tes Perbuatan
-
Membaca ayat-ayat Al Qur'an yang mengandung hukum
bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al" Qamariyah
|
Bahan/Sumber
Belajar
|
:
|
-
Al
Qur’an dan terjemahannya
-
Buku pelajaran
PAI SMP kelas VII
|
LEMBAR
PENILAIAN
I. Tes
Tertulis Nilai
= .............
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
|
Apa yang dimaksud dengan "Al" Syamsiyah dan "Al"
Qamariyah?
|
"Al"
Syamsiyah adalah "Al" yang terdapat dalam kata dari ayat-ayat Al
Qur'an yang tidak dibaca.
"Al" Qamariyah adalah
"Al" yang terdapat dalam kata dari ayat-ayat Al Qur'an yang dibaca
dengan jelas.
|
|
Tulislah contoh kata-kata dari ayat Al Qur'an yang
mengandung bacaan "Al" Syamsiyah dan "Al"
Qamariyah?
|
Contoh
bacaan "Al" Syamsiyah:
Contoh
bacaan "Al" Qamariyah:
|
II. Tes
Perbuatan: Melafalkan bacaan "Al" Syamsiyah dan
"Al" Qamariyah
No.
|
Nama Siswa
|
Kemampuan Membaca
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor Tes Perbuatan :
1.
= Membaca lancar dan baik = 80 – 90 = A
2.
= Membaca lancar kurang baik =
70 – 79 = B
3.
= Membaca Terbata-bata = 60 – 69 = C
4.
= Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru = 50 – 59 = D
5.
= Tidak dapat membaca = kurang dari 50 = E
III. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio
dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-
apa
yang dilihat;
-
laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Susunlah
beberapa ayat Al Qur'an yang mengandung hukum bacaan "Al"
Syamsiyah dan "Al" Qomariyah dengan benar di atas kertas yang
telah disediakan. Kemudian kumpulkan untuk dinilai kebenaranya.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar