SMP/Mts
Kelas/Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi
Waktu
Tujuan Pembelajaran
Materi Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran
Penilaian hasil belajar
Sumber belajar
|
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMPN 1 KUTIM
Pendidikan Agama Islam
8.
Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw.
8.1. Menjelaskan
sejarah Nabi Muhammad Saw.
2 x 40 menit (1 x pertemuan)
1.
Siswa dapat menjelaskan berbagai peristiwa yang
melatarbelakangi kelahiran Nabi MuhamMad Saw.
2.
Siswa dapat menjelaskan sejarah kelahiran Nabi Muhammad
Saw.
3.
Siswa dapat menjelaskan sejarah pertumbuhan Nabi
Muhammad Saw. mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah.
4.
Siswa dapat menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw.
dalam mendakwahkan Islam di Makkah.
5.
Siswa dapat menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw.
dalam mendakwahkan Islam di Madinah.
Sejarah
Nabi Muhammad Saw.
1.
Masyarakat Makkah Sebelum Kenabian Muhammad Saw.
a. Mengenal masyarakat Arab:
1) Asal istilah Arab
2) Lima wilayah Arab
3) Pengelompokan bangsa Arab
b. Kondisi sosial dan budaya masyarakat
Makkah:
1) Struktur sosial masyarakat
Makkah
2) Aktivitas masyarakat
Makkah
c. Kepercayaan masyarakat Makkah sebelum
Islam
2. Masyarakat Makkah pada Masa Kenabian Muhammad Saw.
a. Fajar Islam di Kota
Makkah
b. Panggilan kenabian dan
fajar Islam
c. Tugas berdakwah
1) Dakwah tertutup2) Pemeluk Islam pertama3) Dakwah terbuka
d. Penentangan kaum
Quraisy dan masa menjelang hijrah ke Madinah.
1.
Ceramah.
Guru memberikan penjelasan mengenai SK-KD dan tujuan
pembelajaran dan merancang proses pembelajaran yang akan dilakukan siswa.
2.
Tanya jawab.
Siswa melakukan tanya jawab bersama teman-temannya
tentang peristiwa yang
melatar-belakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw. dan sejarah kelahirannya.
3.
Diskusi.
Siswa berdiskusi tentang sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di
Mekkah.
4.
Simulasi.
Siswa
melakukan simulasi tentang cara-cara Nabi Muhammad SAW. dalam berdakwah
1. Kegiatan pendahuluan
a. Guru memberi
salam dan mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pelajaran dengan
memulai membaca basmalah atau berdoa.
b. Siswa
membaca ayat-ayat al-Qur’an selama 5 – 10 menit.
c. Guru
melakukan apersepsi dengan mengingatkan materi sebelumnya dengan materi yang
akan diajarkan.
d. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar serta cakupan materi
yang akan diajarkan.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajak siswa melakukan eksplorasi
dengan membaca atau menelaah buku bacaan (literatur) tentang berbagai
peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw., sejarah
kelahiran Nabi Muhammad Saw., sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad Saw. mulai
masa kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah.
b. Siswa mendiskusikan sejarah Nabi Muhammad
Saw. dalam mendakwahkan Islam di Mekkah di bawah pengawasan guru.
c. Siswa mengadakan simulasi tentang dakwah
Rasulullah Saw. di Makkah dengan bimbingan guru.
d. Guru memotivasi siswa untuk memberikan
umpan balik dari hasil simulasi tentang sejarah Nabi Muhammad Saw.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru mengajak
peserta didik untuk menyimpulkan materi tentang sejarah Nabi Muhammad Saw.
b. Guru
memberikan penilaian dan memotivasi siswa untuk membuat rangkuman tentang
dakwah Rasullulah Saw. di Makkah.
c. Guru
memberikan umpan balik dan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
1.
Tes tulis dalam bentuk uraian (aspek kognitif).
2.
Tes lisan dalam bentuk jawaban singkat (aspek kognitif)
3.
Penilaian portofolio yang mengungkap berbagai
perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Makkah dan Madinah.
4.
Penugasan, siswa dimotivasi untuk membiasakan diri
dengan meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw.
A.
Hasjmy. (1995). Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Bulan Bintang. Cet. ke-5.
Badri
Yatim. (2001). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Cet.
ke-12.
Majid
‘Ali Khan. (1985). Muhammad SAW Rasul Terakhir. Terj. oleh Fathul
Umam. Bandung: Pustaka. Cet. ke-1.
Maulana Muhammad Ali. (1996). Islamologi
(Dinul Islam). Terj. oleh R. Kaelan dan H.M. Bachrun. Jakarta: Darul
Kutubil Islamiyah. Cet. ke-1.
Muhammad
Husain Haekal. (1990). Sejarah Hidup Muhammad. Jakarta: Litera Antar
Nusa. Cet. ke-12.
Buku-buku
Paket PAI untuk SMP kelas VII.
Contoh-contoh
gambar yang relevan / VCD.
File-file
tentang sejarah Nabi Muhammad Saw. dari internet.
Dll.
|
Contoh Penilaian :
Indikator Penilaian
|
Teknik
|
Bentuk
|
Intsrumen
|
1. Menjelaskan berbagai
peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw.
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi
Muhammad Saw!
2. Mengapa masa sebelum kelahiran Nabi Muhammad Saw. disebut masa
jahiliyah?
|
2. Menjelaskan sejarah
kelahiran Nabi Muhammad Saw.
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan secara singkat sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw.
|
3. Menjelaskan sejarah
pertumbuhan Nabi Muhammad Saw. mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi
Rasulullah.
|
Tes Lisan
|
Jawaban Singkat
|
1. Siapakah dua orang perempuan yang pernah menyusui Nabi Muhammad Saw.?
2. Pada umur berapakah Nabi Muhammad Saw. diangkat menjadi Rasulullah!
|
4. Menjelaskan sejarah Nabi
Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Makkah
|
Portofolio
|
Karya Tulis
|
1. Buatlah karya tulis tentang perjuangan dawah Nabi Muhammad Saw. di
Mekkah!
|
5. Menjelaskan sejarah Nabi
Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Madinah.
|
Portofolio
|
Karya Tulis
|
1. Buatlah karya tulis tentang perjuangan dawah Nabi Muhammad Saw.
dalam membangun masyarakat muslim di Madinah!
|
Penugasan
|
Motivasi
|
1. Cobalah kalian berusaha meneladani pola kehidupan Nabi Muhammad
Saw. dalam kehidupan kalian sehari-hari dalam berbagai aspek kehidupan
kalian!
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar