Kamis, 24 Desember 2015

CONTOH (RPP) SMP/Mts






SMP/Mts
Kelas/Semester
Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Tujuan Pembelajaran







Materi Pembelajaran


















Metode Pembelajaran















Langkah-langkah kegiatan pembelajaran




































Penilaian hasil belajar






Sumber belajar


:
:
:
:
:

:








:

















:










































:










:












SMPN 1 KUTIM
RPP
VII/1
Pendidikan Agama Islam
8. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw.
8.1. Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw.



2 x 40 menit (1 x pertemuan)
1.        Siswa dapat menjelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi MuhamMad Saw.
2.        Siswa dapat menjelaskan sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw.
3.        Siswa dapat menjelaskan sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad Saw. mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah.
4.        Siswa dapat menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Makkah.
5.        Siswa dapat menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Madinah.
Sejarah Nabi Muhammad Saw.
1. Masyarakat Makkah Sebelum Kenabian Muhammad Saw.
    a. Mengenal masyarakat Arab:
1) Asal istilah Arab
2) Lima wilayah Arab
3) Pengelompokan bangsa Arab
   b. Kondisi sosial dan budaya masyarakat Makkah:
1) Struktur sosial masyarakat Makkah
2) Aktivitas masyarakat Makkah
   c. Kepercayaan masyarakat Makkah sebelum Islam

2. Masyarakat Makkah pada Masa Kenabian Muhammad Saw.

a. Fajar Islam di Kota Makkah
b. Panggilan kenabian dan fajar Islam
c. Tugas berdakwah

1) Dakwah tertutup

2) Pemeluk Islam pertama

3) Dakwah terbuka

d. Penentangan kaum Quraisy dan masa menjelang hijrah ke Madinah.
1.      Ceramah.
Guru memberikan penjelasan mengenai SK-KD dan tujuan pembelajaran dan merancang proses pembelajaran yang akan dilakukan siswa.
2.      Tanya jawab.
Siswa melakukan tanya jawab bersama teman-temannya tentang peristiwa yang melatar-belakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw. dan sejarah kelahirannya.
3.      Diskusi.
Siswa berdiskusi tentang sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Mekkah.
4.      Simulasi.
Siswa melakukan simulasi tentang cara-cara Nabi Muhammad SAW. dalam berdakwah

1. Kegiatan pendahuluan
  a. Guru memberi salam dan mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pelajaran dengan memulai membaca basmalah atau berdoa.
  b. Siswa membaca ayat-ayat al-Qur’an selama 5 – 10 menit.
  c. Guru melakukan apersepsi dengan mengingatkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan.
  d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar serta cakupan materi yang akan diajarkan.
2. Kegiatan Inti
   a.   Guru mengajak siswa melakukan eksplorasi dengan membaca atau menelaah buku bacaan (literatur) tentang berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw., sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw., sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad Saw. mulai masa kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah.
   b.  Siswa mendiskusikan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Mekkah di bawah pengawasan guru.

   c.  Siswa mengadakan simulasi tentang dakwah Rasulullah Saw. di Makkah dengan bimbingan guru.
   d.  Guru memotivasi siswa untuk memberikan umpan balik dari hasil simulasi tentang sejarah Nabi Muhammad Saw.

3. Kegiatan Penutup
a.  Guru mengajak peserta didik untuk menyimpulkan materi tentang sejarah Nabi Muhammad Saw.
b.  Guru memberikan penilaian dan memotivasi siswa untuk membuat rangkuman tentang dakwah Rasullulah Saw. di Makkah.
c.  Guru memberikan umpan balik dan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.

1.   Tes tulis dalam bentuk uraian (aspek kognitif).
2.   Tes lisan dalam bentuk jawaban singkat (aspek kognitif)
3.   Penilaian portofolio yang mengungkap berbagai perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Makkah dan Madinah.
4.   Penugasan, siswa dimotivasi untuk membiasakan diri dengan meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw.

A. Hasjmy. (1995). Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Bulan Bintang. Cet. ke-5.
Badri Yatim. (2001). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. ke-12.
Majid ‘Ali Khan. (1985). Muhammad SAW Rasul Terakhir. Terj. oleh Fathul Umam. Bandung: Pustaka. Cet. ke-1.
Maulana Muhammad Ali. (1996). Islamologi (Dinul Islam). Terj. oleh R. Kaelan dan H.M. Bachrun. Jakarta: Darul Kutubil Islamiyah. Cet. ke-1.
Muhammad Husain Haekal. (1990). Sejarah Hidup Muhammad. Jakarta: Litera Antar Nusa. Cet. ke-12.
Buku-buku Paket PAI untuk SMP kelas VII.
Contoh-contoh gambar yang relevan / VCD.
File-file tentang sejarah Nabi Muhammad Saw. dari internet.
Dll.

Contoh Penilaian    : 
                                                   
Indikator Penilaian
Teknik
Bentuk
Intsrumen

1.   Menjelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw.


Tes Tulis

Uraian

1.  Jelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw!
2.  Mengapa masa sebelum kelahiran Nabi Muhammad Saw. disebut masa jahiliyah?

2.   Menjelaskan sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw.

Tes Tulis
Uraian
1.  Jelaskan secara singkat sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw.
3.   Menjelaskan sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad Saw. mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah.

Tes Lisan
Jawaban Singkat
1.  Siapakah dua orang perempuan yang pernah menyusui Nabi Muhammad Saw.?
2.  Pada umur berapakah Nabi Muhammad Saw. diangkat menjadi Rasulullah!
4.   Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Makkah

Portofolio
Karya Tulis
1. Buatlah karya tulis tentang perjuangan dawah Nabi Muhammad Saw. di Mekkah!
5.   Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Madinah.

Portofolio
Karya Tulis
1. Buatlah karya tulis tentang perjuangan dawah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat muslim di Madinah!

Penugasan
Motivasi
1. Cobalah kalian berusaha meneladani pola kehidupan Nabi Muhammad Saw. dalam kehidupan kalian sehari-hari dalam berbagai aspek kehidupan kalian!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar