Mata Kuliah : Telaah Kurikulum PAI
Perguruan Tinggi :
Fakultas :
Deskripsi : Mata kuliah ini
dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang bagaimana menelaah
kurikulum PAI pada Sekolah Dasar dan Menengah agar relevan dengan tujuan yang
diinginkan oleh satuan pendidikan sesuai dengan aturan yang telah disusun oleh
BSNP dengan KTSP-nya.
Kompetensi dan
Hasil Belajar : Mahasiswa diharapkan dapat
menelaah dan menganalisis kurikulum PAI yang telah disusun oleh BSNP dalam
KTSP, agar relevan dengan tuntutan zaman, sesuai dengan cita-cita Pendidikan
Islam, baik dalam kontek Pendidikan Islam di Indonesia maupun secara universal.
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Penyaji
|
|
1
|
Pengantar
Mata kuliah
|
Strategi : Everyone is A
Teacher Here
Metode:
Penugasan, Diskusi
|
Pertemuan 1
|
Dosen
|
2
|
Telaah
Kurikulum KTSP: Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Kegiatan Pembelajaran,
dan Penilaian.
|
Pertemuan 2
|
Dosen
|
|
3
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum
PAI
SD
|
Pertemuan 3
|
Ahmad ghusairi
|
|
4
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum
PAI
SMP
|
Pertemuan 3
|
||
5
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum
PAI
SMA
|
Pertemuan 4
|
||
6
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum Qur’an Hadits MI
|
Pertemuan 5
|
||
7
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum Fiqih
MI
|
Pertemuan 6
|
||
8
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum
Aqidah Ahlaq MI
|
Pertemuan 7
|
||
9
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum
SKI
MI
|
Pertemuan 8
|
||
10
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum Qur’an Hadits MTs
|
Pertemuan 8
|
||
11
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum Fiqih
MTs
|
Pertemuan 9
|
||
12
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum
Aqidah Ahlaq MTs
|
Pertemuan 10
|
||
13
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum SKI
MTs
|
Pertemuan I1
|
||
14
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum
Qur’an
Hadits MA
|
Pertemuan I2
|
||
15
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum Fiqih
MA
|
Pertemuan I3
|
||
16
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum
Aqidah Akhlaq MA
|
Pertemuan 14
|
||
17
|
Menjelaskan
dan mengklasifikasikan kurikulum SKI
MA
|
Pertemuan 14
|
Keterangan :
- Materi disajikan dalam bentuk laporan, dengan ketentuan sebagai berikut:
a.
Kertas kwarto (A4), dengan Margin; atas 3 cm, bawah 2 cm, kiri 3 cm
dan kanan 2 cm.
Jumlah halaman minimal 10 lembar,
model huruf : Trebuchet MS.
b.
Diserahkan kepada dosen minimal 1 hari sebelum penyajian di kelas,
dalam bentuk
softcopy (pakai CD/Flashdisk) dan
printout.
- Penilain keseluruhan mata kuliah ini adalah sebagai berikut:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Prosentase
|
Keterangan
|
1
|
Kehadiran
|
10%
|
Keempat aspek penilaian tersebut harus dipenuhi
oleh setiap mahasiswa
|
2
|
Laporan
|
40%
|
|
3
|
Tes Mid Semester
|
20%
|
|
4
|
Tes AKhir Semester
|
30%
|
|
Jumlah
|
100%
|
Misalnya: Nilai sdr. Rene Takwe’i
biji.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Prosentase
|
|
1
|
Kehadiran
|
4.00
|
10%
|
0.4
|
2
|
Laporan
|
3.80
|
40%
|
1.52
|
3
|
3.50
|
20%
|
0.7
|
|
4
|
Tes AKhir Semester
|
3.60
|
30%
|
1.08
|
Nilai Akhir
|
3.70
|
Kutai Timur, 01 Juli 2011
Dosen
Contoh halaman cover:
TELAAH
KURIKULUM AL
QUR’AN HADITS MI
(MI
MIFTAHUL HUDA BRAKAS DEMPET DEMAK)
LAPORAN
Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Telaah kurikulum PAI
Semester … Tahun Akademik
2014/2015
Dosen Pengampu :
Format Isi Laporan
Telaah Kurikulum
Al Qur’an Hadits MI Miftahul Huda, Brakas Dempet Demak
A.
PENDAHULUAN
Berisi latar belakang masalah dan
pokok masalah yang akan ditelaah
B.
TELAAH KURIKULUM AL QUR’AN HADITS MI
MIFTAHUL HUDA, BRAKAS DEMPET DEMAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kelas : 4
No
|
Aspek yang
ditelaah (KTSP)
|
Hasil telaah
|
||||
Strategi
|
Metode
|
Waktu
|
Penilaian
|
Keterangan
|
||
1
|
KD…..
|
|||||
C.
Kesimpulan, Saran dan
Penutup
Keterangan
: Sumber yang ditelaah adalah KTSP di sekolah X, dengan melampirkan fotocopy
silabus di belakang laporan.
Buku
referensi:
-
KTSP
-
Strategi Belajar
Mengajar
-
Penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar